OBAT KUNO WARISAN LELUHUR


Ramuan untuk mengatasi Kerutan di Wajah

Jika anda mengalami masalah dengan wajah Anda, seperti kulit wajah yang berkerut, Anda tidak usah gusar. Dengan biaya murah dan mudah, perhatikan resep berikut ini.

Bahan-bahan dan cara membuatnya :
• Sediakan 1 butir telur dan ambil kuningnya. Lalu ambil juga minyak sayur.
• Gunakan campuran kuning telur dan minyak sayur sebagai campuran bahan masker yang biasa anda gunakan.

Ramuan untuk membuat kulit menjadi Halus

Agas kulit anda menjadi halus, coba gunakan resep mudah berikut ini secara teratur.

Bahan-bahan dan cara Membuatnya :
• Sediakan 1 gelas jus lemon.
• Babarapa batang kayu manis atau rempah, atau bunga-bunga yang aromanya Anda sukai.
• 2 sendok makan minyak zaitun dan ¼ gelas susu.
• Campurkan semua bhan-bahan diatas dalam satu wadah. Lalu masukkan kedalam bathtub jika Anda ingin menggunakannya untuk mandi. Atau cukup dibaskom kecil untuk sekedar merendam kaki misalnya. Berendamlah selama kira-kira 15 menit sambil menggosok-gosok kulit anda. Setelah itu bilas dengan air bersih lalu mandi dengan menggunakan sabun biasa. Setelah melakukan ini secara rutin Selma beberapa minggu, kulit Anda dijamin halus.

Impotensi

Penyakit ini banyak melanda kaum pria. Orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan memberikan Kepuasan bagi pasangannya ketika sedang melakukan hubungan seks sehingga penderita akan merasa malu dan rendah diri.
Untuk mengatasinya Anda bias mencoba ramuan dibawah ini:

Bahan-bahan :
• 1 ons jahe.
• 1 butir telur ayam kampong
• 1 buah jeruk limau/nipis yang besar
• 1 sendok makan kecap manis
• 1 sendok makan madu asli
• 7 butir merica
• 3 batang lengkuas/laos

Cara membuatnya :
Jahe, Lengkuas diparut dan jeruk nipisdiperas, lalu keduanya diambil airnya, telur dikocok sampai halus, dan merica dihaluskan. Kemudian semua bahan-bahan tadi dikocok menjadi satu.

Cara pemakaian :
Hasil ramuan diatas kemudian diminum mejelang tidur (dimalam hari) atau ketika akan bersetubuh. Sisa atau ampas perasan sebaiknya jangan dibuang. Campur ampas tadi dengan air panas . Dan setelah hangat-hangat kuku, balurkan pada penis/zakar Anda setelah bersetubuh. Lulur ini akan menjadikan penis anda bergerak lagi sehingga persetubuhan yang kedua akan bisa Anda nikmati kembali.

Meningkatkan vitalitas Seksual

Setiap pasangan pasti mendambakan untuk memiliki vitalitas yang prima dalam setiap melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Untuk itu banyak cara yang dilakukan. Seperti totok penis, gurah penis serta ratus penis, yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Di bawah ini adalah resep obat-obatan tradisional yang berfungsi meningkatkan vitalitas seksual Anda.

Bahan-bahan :
• 2 butir kuning telur.
• 3 batang petai Cina.
• 1 sendok makan madu asli.
• 30 butir merica hitam.

Cara membuat :
Telur diambil kuningnya dan dikocok hingga halus. Kemudian petai Cina diambil isinya saja dan dijemur sampai kering lalu digerus hingga halus. Merica digerus sampai halus lalu ke-3 bahan ini dicampur menjadi satu. Tambahkan madu, lalu aduk sampai rata. Adonan ramuan kemudian diminum sekaligus tanpa menyisakan ampas.

Agar Anda Tetap Kuat dan Bergairah

Pekerjaan terkadang menjadi penyebab terjadinya masalah-masalah seksualitas pada suami-istri. Karena terlalu lelah sehabis bekerja tidak jarang suami maupun istri merasa kelelahan sehingga mereka tidak bergairah dan lemah ketika sedang melakukan hubungan seksual. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba resep obat tradisional di bawah ini agar Anda bisa tetap bergairah di tengah kesibukan Anda dalam bekerja. Inilah ramuan yang kami sajikan untuk Anda.

Bahan-bahan :
• 1 butir telur ayam kampong.
• 1 buah jeruk nipis.
• Gula merah secukupnya
• 1 sendok makan madu murni
Cara membuannya :
Jeruk nipis diperas, diambil sarinya saja dan kemudian dicampur dengan telur ayam kampong yang diambil kuningnya. Tambahkan gula merah secukupnya dan setelah itu masukkan madu juga secukupnya. Aduk semua bahan tadi hingga rata dan ramuan siap diminum. Ramuan obat tradisional ini cukup Anda konsumsi 2 kali seminggu, namun bila memungkinkan lebih baik setiap hari minum ramuan tersebut.

Agar Penis Kuat dan Tahan Lama
Sebagian kaum lelaki akan merasa bangga bila mepunyai ukuran penis yang panjang, besar,kuat dan juga terawatt. Dan sebagian kaum wanita juga akan merasa senang jika alat vital suaminya besar,kuat,panjang dan tahan lama. Untuk memiliki penis yang kuat, besar, dan tahan lama ketika sedang melakukan hubungan seksual buatlah resep tradisional seperti berikut ini:

Baha-bahan :
• Beberapa lembar Daun Jarak.
• Babarapa Lembar Daun Jeruk nipis, secukupnya.

Cara membuatnya :
Tumbuk daun jarak dan daun jeruk nipis sampai halus dan tambahkan air sedikit. Urutkan penis Anda menggunakan Ramuan daun-daunan tadi dan lakukan selama satu bulan. Dengan resep ini, Anda akan jadi lelaki yang kuat, perkasa serta tahan lama ketika melakukan kegiatan sex dengan istri anda.

Agar tetap bergairah diatas Ranjang

Pasangan yang bergirah di atas ranjang tentu akan menjadi dambaaan setiap pasangan suami-istri. Namun tidak semua pasangan mengetahui apa yang harus mereka lakukan agar pasangannya dapat dapat terus memberikan gairah seksual atau sebaliknya ia sendiri yang dapat menimbulkan gairah bagi pasangannya, Jika anda ingin menjaga agar hubungan seksual anda tetap bergairah, ikutilah petunjuk berdasarkan penggunaan obat tradisional berikut ini:

Bahan-bahan :
• 1 sendok the merica/lada.
• Ragi secukupnya.
• 2 buah jeruk nipis.
• Sepotong lengkuas.
• 2 batang potong besar jahe.
• 1 sendok the garam.

Cara pembuatan :
Lengkuas, jahe dan ragi diparut sampai halus lalu ketiganya dicampur menjadi satu. Setelah itu masukkan air perasan jeruk nipis dan juga garam, Aduk semua bahan hingga rata, lalu disaring dan diambil airnya. Ramuan ini sangat cocok untuk laki-laki dan perempuan. Perlu anda ingat, ramuan ini memiliki fungsi lain, yaitu menghambat kehamilan. Karena itu tidak disarankan bagi yang ingin segera memiliki anak. Selain mengkonsumsi ramuan tradisional diatas, Anda juga
perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

Pertama. Jangan langsung menolak ajakan pasangan anda, meskipun tubuh terasa sangat letih dan tak bergairah. Apabila pasangan anda memberikan sinyal ingin bercinta, maka sebaiknya jangan lansung anda tepis. Ada baiknya jika anda member pelukan hangat dan menghujaninya dengan ciuman mesra atau aksi Foreplay panas lainnya. Siapa tahu rasa letih justru hilang dan anda siap untuk bertempur lagi bak mengantin baru.

Kedua. Bercinta seminggu penuh demi kehidupan ranjang yang terus membara? Bisa-bisa yang terjadi malah rasa bosan. Anda harus ingat, yang terpenting bukanlah kuantitas melainkan kualitas. Meskipun hubungan seksual hanya dilakukan hanya satu atau dua dalam satu minggu tetapi apabila dilakukan dengan baik dan penuh kualitas, pasti kehidupan rumah tangga dan kehidupan ranjang anda juga akan semakin berkualitas, Maka hindari hubungan seksual yang cenderung diforsir.

Tiga. Usai “bertempur” badan biasanya akan terasa lelah sehingga Anda akan langsung tidir. Padahal, yang demikian adalah salah satu hal yang paling Fatal dalam hubungan suami –istri. Tutuplah sesi bercinta Anda dengan saling mendekap dan memberikan kecupan mesra untuk membangkitkan stamina dan menghangatkan keintiman anda berdua.

Ramuan Untuk Ambien dan Wasir

Penyakit wasir memang sangat menyusahkan serta menyakitkan, walaupun secara langsung penyakit ini tidak terlihat orang lain karena posisinya berada dipantat. Untuk mengatasi masalah penyakit ini resep obat tradisional kembali memperkenalkan salah satu koleksi resep obat yang merupakan warisan para leluhur.

Bahan-bahan :
• Ambillah beberapa lembar daun jambu yang masih muda.
• Biji pisang kelutuk (pisang yang banyak bijinya).

Cara menbuatnya :
Daun jambu dan biji pisang dicuci hingga bersih. Untuk mendapatkan biji pisang klutuk, Anda tidak usah dengan mengupas kulitnya. Tetapi pisang cukup diparut lalu campurkan dengan daun jambu tadi. Ke-2 bahan tersebut kemudian ditumbuk sampai halus, lalu diperas dan diambil airnya. Minumlah perasan air ini sampai penyakit anda sembuh

Pengobatan penyakit ini memang memrlukan waktu yang cukup lama, jadi anda harus bersabar
Dianjurkan pula untuk tidak makan makanan yang merangsang pertumbuhan penyakit ini, diantaranya. Makanan pedas, masam, dan makanan bererat. Jangan minum kopi, alcohol maupun the. Jangan makan ikan bandeng, daging kambing serta semua makanan yang bersifat panas.

Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning atau juga sering disebut hepatitis merupakat penyakit yang cukup berbahaya. Artinya jika dibiarkan penyakit ini bisa menjadi penyebab kematian pada seseorang. Dan sudah banyak orang yang mengalami kematian karena penyakit ini tidak bisa ditangi dengan baik dan benar, Anda tidak usah khawatir dan putus asa. Ikutilah resep pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit yang sudah menjadi warisan nenek moyang dan terbukti khasiatnya ini :
Pengobatan tradisional dimaksudkanuntuk menjadi sarana pengobatan alternative bagi pengobatan medis yang tidak memerlukan biaya mahal dan semua orang mampu membuatnya sendiri. Untuk membuat ramuan tradisional bagi penyakit kuning, perhatikan beberapa bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan dan cara Membuat :
¼ kg tiram kali/haremis yang sudah dicuci bersih. Kemudian rebus dengan ½ gelas air dan tambahkan beberapa lembar daun seledri. Setelah masak ambil airnya, lalu minum. Minumlah ramuan tersebut sehabis bangun pagi. Lakukan secara teratur dan rutin.

Pengobatan ini memerlukan waktu yang cukup lama, dan tentunya dituntut kesabaran dan ketekunan dari pen derita jika mengharapkan penyakitnya sembuh. Namun yang terpenting dari semua itu adalah berdoa kepada Sang Illahi, kalau melupakan hal tersebut janganlah melakukan pengobatan karena Anda tidak akan diberikan ketabahan dan ketelatenan oleh-Nya.

Obat Sakit Jantung
Jantung adalah bagian tubuh yang sangat vital. Orang yang sakit jantung, apalagi sampai menglami pembengkakan pada jantungnya dia akan merasakan rasa nyeri dan sakit luar biasa. Bila mengalami kasus diatas cobalah resep di bawah ini.

Bahan-bahannya :
• 3 lembar daun sirih temu rose (bertemu kedudukan ruasnya).
• 3 bungkul sedang bawang merah.
• 4 biji buah kemukus.
• 1 sendok kecil jintan putih.

Cara Membuatnya :
Daun sirih, bawang dan kemukus dicuci bersih, jintan tidak usah dicuci. Tumbuk keempat bahan ini sampai halus, bubuhi air 4 sendok makan ( air matang), saringlah baru kemudian diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan dengan tekun mudah-mudahan sembuh.

Obat Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi terutama menyerang orang tua yang telah berusia di atas 40 tahun. Namun tidak jarang pula kaum muda diserang penyakit ini, terutama mereka yang suka nyerempet-nyerempet bahaya dan hidup dalam situasi keras dan bertegangan tinggi. Untuk mengatasi semua ini, Pertama Anda hendaknya memperdalam agama agar jiwa menjadi tenang. Kemudian gunakan ramuan dibawah ini:
• Carilah akar pohon papaya yang tinggi pohon itu satu meter. Cuci bersih dan rebuslah dengan air satu liter. Biarkan sampai mendidih dan airnya tinggal ¼. Minumlah air rebusan ini dalam keadaan hangat pada pagi dan sore hari. Akar papaya ini dapat direbus berulang-ulang hingga tujuh kali. Lakukan setiap hari.
• Cara lain untuk menghilangkan tekanan darah tinggi ialah dengan makan bawang putih 3 siung tanpa digoreng maupun direbus. Bila ANda tak tahan dengan baunya, boleh memakannya dengan direbus terlebih dahulu, Tapi jumlah bawang harus diperbanyak menjadi delapan suing setiap kali makan. Lakukan hal ini tiap pagi dan sore hari.

Obat Sakit lever
Sakit lever biasanya membutuhkan biaya mahal untuk menyembuhkannya. Namun di bawah ini ada cara Tradisional yang murah, hanya dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan dan usaha spiritual yaitu doa. Berdo`alah kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh, lalu gunakan ramuan dibawah ini:

Bahan-bahan :
• 2 potong jari kunir
• Kencut sebesar ibu jari
• 3 sendok the Brotowali
• 2 butir bawang putih
• 1 genggam daun Simbukan (daun kentutan)

Caranya:
Semua bahan ditumbuk halus. Jika mau minum ambillah satu sendok the ramuan yang sudah ditumbuk tadi, seduhlah dengan secangkir air panas. Minumnya tiga kali sehari Minimal dilakukan selama 7 hari. Lebih manjur lagi dilakukan sebulan penuh.

Obat sakit Kuning
Untuk mempercepat proses penyembuhan bagi penderita penyakit kuning. Hendaklah penderita tidak banyak memeras tenaga. Penderita sebaiknya rebahan saja. Ramuan untuk menyembuhkannya sebagai berikut :
• Bonggol bamboo kuning
• Bonggol daun nanas muda
• Adas pulowaras secukupnya

Caranya :
Ketiga bahan ditumbuk hingga halus, diperas diambil airnya, sebelum campurkan dulu air ½ gelas, Minumlah air perasan itu tiap pagi, siang dan malam hari. Lakukanlah hal ini sebulan penuh. Bila sudah sembuh, sebagai upaya pencegahan, makanlah setiap bulan sekali Kerang laut, Kerang nya direbus dan dimakan pakai saus.

Obat Sakit Maagh
Ini resep yang cukup sederhana. Bahannya bisa didapat walau dikota besar. Bila anda menderit sakit maagh, carilah kacang hijau.
Ya, hanya kacang hijau sebanyak ¼ kg.

Caranya:
Kacang hijau dicuci bersih lalu dikeringkan lalu goreng tanpa minyak (disang rai) sampai masak, sudah itu ditumbuk halus. Menggunakannya cukup satu sendok tepung kacang hijau tadi dicampur dengan air lalu diminum setiap hari sampai rasa sakit berangsur-angsur berkurang.

Ramuan Untuk Menyempitkan Vagina
Ramuan ini terutama dipergunakan untuk para ibu yang baru melahirkan.

Ramuan pertama: ( Ramuan ini untuk bagin luar).
• Kulit Pinang (sepet jambe) yang masih muda secukupnya direndam dalam air bersih.
• Daun Sirih temu urat (tempo rose) 13 butir, tumbuk hingga halus lalu campur engan rendaman kulit pinang.
• Gambir asli (Palembang) 3 butir, tumbuk halus lalu campurkan pula pada rendaman tersebut.
• Kapur yang putih bersih, diayak juga campurkan pada rendaman tadi. Setelah ramuan tercampur semua aduklah sampai rata, biarkan kira-kira ½ jam, setelah mengendap ambil airnya. Air itulah yang dipergunakan membasuh Vagin sehari 5 kali. Ulangi dengan tekun.

Ramuan Kedua : (Ramuan ini untuk diminum)
Ambil 3 sendok makan beras rendam selama 3 jam, Ambil 10 jari kencur,jahe sepotong besar, kuning sepotong kecil, 125 gram gula jawa, 1 sendok makan asam jawa, garam secukupnya, jeruk nipis satu butir, daun pandan secukupnya.

Caranya :
Kencur, kuning, jahe, daun pandan, gula, asam direbus dengan 3 gelas air kemudian disaring. Kencur, jahe dan kunyit (setelah direbus) digerus atau digiling bersama beras. Sesudah halus, maka air rebusan tadi dicampurkan pada rempah-rempah tadi, saring dengan kain bersih, terahir peraslah jeruk nipis dan bibihi garam secukupnya, kalau kurang manis tambahkan madu asli, atau gula pasir.

Obat Kurang Darah
Tanda-tanda kurang darah : wajah pucat, lesu tidk bersemangat alias loyo, jika duduk terlalu lama mata berkunang-kunang, bila berjalan terlalu jauh bisa pusing, mata gelap dan sering pingsang. Cara mengatasinya gunakan ramuan dibawah ini :

Bahan-bahan :
• 2 butir telur ayam kampung
• 1 sendok makan madu asli
• 1 genggam daun bayam
• 1 butir jeruk nipis
Cara membuatnya :
Telur ayam diambil kuningnya saja, aduk rata. Campurkan madu, aduk lagi hingga rata. Daun bayam ditumbuk rata peras, ambil airnya masukkan pada ramuan di atas aduk lagi hingga rata betul. Minumlah ramuan ini selama tiga hari berturut-turut, niscaya wajah anda jadi berseri-seri, badan jadi bersemangat, sehat dan segar. Untuk menjaga agar kondisi terus membaik maka minumlah ramuan ini seminngu sekali.

Cara Menghitamkan Rambut
Ini benar-benar cara tradisional yang telah dipraktekkan sebagian besar nenek moyang kita sendiri. Caranya muda dan praktis.

Bahan :
• Segenggam merang ketan hitam
• 2 buah jeruk nipis.

Caranya :
Bakarlah merang tadi dalam sebuah baskom, abu dari merang tadi dicampur dengan air dan masukkan perasan jeruk nipis aduk sampai rata lalu biarkan di tempat terbuka untuk diembuni selama 1 malam.
Esok harinya dapat anda pergunakan untuk berkeramas. Tak usah pakai shampoo lagi. Cukup dibilas dengan air sampai bersih. Usahakan keramas merang ini sampai tiga kali, kemudian seminggu sekali, pasti rambut anda jadi hitam cemerlang.

Cara Mengharumkan Vagina
Banyak hal yang menyebabkan vagina berbau tidak enak atau busuk. Misalnya karena kurang menjaga kebersihan atau juga karena penyakit keputihan. Resep dibawah ini akan membuat vagina jadi harum dan segar dan tak usah merasa kecil hati di hadapan suami.

Cara pertama : (Ramuan untuk diminum)
Cari sepuluh lembar daun sirih besar yang sudah mulai menguning. Bersihkan daun itu lalu rebuslah dengan air 2 gelas. Biarkan sampai air tinggal segelas. Kalau sudah dalam keadaan hangat-hangat kuku minumlah. Lakukanlah hal ini tiap pagi dan sore ini niscaya vagina Anda berbau harum.

Cara kedua :
Ambil segenggam kemangi, tumbuk halus dan peras airnya. Campurkan madu sesendok the dan seujung kuku garam yodium, aduk sampai rata baru diminum. Minum ramuan ini tiap pagi hingga sebulan penuh, lalu seminggu cukup dua kali. Daun kemangi ini baunya sedap. Vagina andapun jadi berbau harum, sedap dan suami bakal lebih menyayangi Anda.

Rasa Sakit Sewaktu Kencing
Waktu kencing air seni tidak lancer,tersendat-sendat, kadang kala diiringi rasa sakit. Air seni terasa panas sekali, sebentar-sebentar ingin kencing tapi tidak bisa keluar banyak.

Gunakan Ramuan dibawah ini :
• Ambil daun kumis kucing yangcukup anyak.kemudian jemur di bawah terik panas matahari selama 1 minggu hingga kering dan mengeras. Daun yang sudah kering ini dipergunakan pengganti the untuk diminum sehari tiga kali. Pagi, siang dan sore. Caranya ambil sedikit daun kumis kucing yang sudah kering itu lalu seduhlah dengan air panas seperti menyeduh the. Campuri gula aren secukupnya, baru kemudian diminum selama seminggu. Tapi jangan berhenti dalam waktu seminggu teruskan hingga satu bulan penuh supaya anda benar-benar sembuh. Cuma dalam seminggu itu anda sudah melihat hasilnya, buang air jadi lancar.
• Cara lain untuk mengatasi rasa sakit di waktu kencing ialah dengan menggunakan rebusan 10 lembar daun pecah beling. Rebuslah daun tersebut dengan air sepanci kecil, sampai mendidih. Setelah dua jam dan sudah dingin baru diminum tiap pagi, siang dan sore. Esok harinya anda buat ramuan lagi yang baru. Dengan cara ini pinggang yang sakit saat kencing jadi lenyap, air seni jadi lancer.

Jika Selalu Buang Air Besar
Jika anda selalu buang air, sehingga harus selalu ke WC, perut melilit-lilit, tubuh lemas, anus terasa perih maka gunakan resep dibawah ini.

Bahan :
• Sirsak atau Nangkalanda
• 1 gelas air
• 25 gram susu kental (merk bendera /nona dsb)

Caranya :
Sirsak (moris) dibuang kulitnya, ambil dagingnya, campurkan air segelas aduk sampai rata, tambahkan susu kental. Minum tiap pagi dan sore. Ulangi cara pengobatan ini hingga dua atau tiga kali , semoga segera sembuh. Ini adalah ramuan paling enak dan segar.

Jika Vagina Gatal-gatal
Rasa gatal pada vagina bisa melanda siapa saja, terutama para wanita yang ditinggal suami dinas jauh di luar kota dan berhari-hari atau para janda. Bila digaruk terasa nikmat, kalau tidak digaruk gatalnya bukan main. Kalau saat menggaruk itu berada di dalam kamar sendiri tak jadi masalah, bagaimana bila rasa gatal itu menyerang saat berada d tempat ramai ? Apa mungkin Anda akan menggaruknya, rasa kurang sopan dan mengurangi keanggunan anda. Untuk mengatasi gatal pada vagina gunakan ramuan dibawah ini :

Bahan-bahan :
• 7 lembar daun sirih
• 2 gelas air
• Asam kawak (asam yang sudah lama) secukupnya

Caranya :
Ketiga bahan direbus hingga mendidih, bila sudah dingin baru diminum. Tiap kali habis kencing basuhlah vagina anda dengan air yang dicampuri rebusan daun sirih tadi. Lakukan dengan tekun, niscaya rasa gatal itu akan hilang/ lenyap.

Payudara Yang Mengeras dan Sakit
Para wanita yang habis melahirkan pertama kali biasanya badannya demam, buah dadanya terasa sakit dan mengeras. Jangan bingung, bila ada kasus demikian gunakan ramuan sederhana di bawah ini

• Cari sarang lebah tutuh (lebah berwarna biru, kecil dan panjang sarangnya terbuat dari tanah liat di sudut rumah pedesaan). Hancurkan sarang lebah itu, campur dengan air dan asam kawak. Oleskan pada bagian yang sakit sampai merata berulang kali. Bila anda sabar melakukannya niscaya rasa sakit segera hilang.
Melenyapkan Bekas Luka Cacar Air
Jagung muda, ya jagung muda adalah resep paling ampuh untuk mengobati bekas cacar air. Selain itu jagung muda banyak mengandung vitamin dan protein, bisa dimasak sebagai sayur bening maupun dibakar di saat malam dingin, rasa enak, jagung muda ini dapat menghilangkan bintik-bintik merah bekas cacar air.

Caranya :
• Jagung muda diparut lalu digosokkan pada bagian wajah ada bagian tubuh yang ada bintik-bintik merahnya. Lakukan pengobatan sederhana ini secara tekun maka akan dapat melihat hasilnya.

Mencegah Rambut Rontok
Rambut adalah mahkota bagi wanita, tapi lelaki yang botak dan berambut tak teraturpun akan tampak lucu, maka rawatlah rambut anda secara baik, usahakan jangan sampai rontok secara berlebihan.

Diantara sekian penyebab rontoknya rambut ialah seringnya melakukan hubungan seks, sebab semen yang dibutuhkan bagi pertumbuhan rambut terkuras oleh alat kelamin di saat mengadakan hubungan seks tersebut. Itu sebabnya wanita yang terlalu sering mengadakan hubungan seks bisa –bisa rambutnya jadi gundul. Untuk mencegah rambut agar tidak rontok gunakan ramuan di bawah ini :
• Belilah semangka, makan dagingya yang merah, daging semangka itu berkhasiat menghancurkan dan memaksa batu dalam ginjal keluar bersama air seni. Bila daging semangka tinggal putihnya maka gunakan untuk menggosok kulit kepala anda. Lakukan hal ini sehari sebelum keramas seminggu cukup sekali.

Air Ajaib
Mungkin anda tak pernah menduganya, yang dimaksud air ajaib adalah air kelapa muda hijau. Ini adalah obat antibiotika alami. Segala macam kasus keracunan dalam tubuh bisa diobati dengan air kelapa muda hijau. Baik keracunan makanan, minuman maupun obat-obatan.
Untuk mendapatkan khasiat yang ampuh, usahakan waktu mengambil kelapa muda tersebut tidak jatuh ke tanah, melainkan diambil dengan cara memanjat dan memetiknya kemudian dibawa turun.

Kelapa juga bisa dipergunakan untuk obat koreng, caranya bersihkan dulu koreng tersebut lalu siramlah dengan air kelapa biarkan hingga kering baru boleh dibasuh dengan air dingin. Bila cara tersebut belum sembuh gunakan cara kedua, belah kelapa jadi dua yang separoh lalu itu bubuhilah minyak kelapa 2 sendok makan, lalu diaduk rata maka jadilah salep untuk mengobati koreng. Insya Allah sembuh !

Menyembuhkan Sakit Ginjal
Kedelai mempunyai kandungan gizi cukup tinggi. Bisa dijadikan minuman yaitu minuman sari kedelai. Bisa dijadikan tahu maupun tempe. Bisa pula untuk mengobati sakit ginjal.

Caranya :
• 3 sendok makan kacang kedelai direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih, biarkan hingga airnya tinggal 1 gelas, minuman dalam keadaan hangat di saat bangun tidur di pagi hari. Insya Allah penyakit ginjal akan segera hilang.

Obat Sakit Demam
Dalam udara panas sekalipun penderita akan merasakan kedinginan padahal suhu badannya terasa panas. Inilah yang disebut panas dingin. Pengobatan untuk penyakit ini cukup sederhana.

Bahan Utama : Daun papaya atau Kates.
Ambil segenggam daun papaya, tumbuk hingga halus, saringlah airnya. Air perasan daun papaya itulah yang diminumkan kepada penderita demam. Bila dalam 12 jam penderita belum sembuh boleh di ulang lagi meminumkan ramuan di atas. Untuk penderita demam malaria hendaknya meminum ramuan di atas selama lima hari berturut-turut.

Obat Rhematik
Rhematik yang sudah kasep atau akutpun bila diobati dengan resep di bawah ini Insya Allah sembuh. Syaratnya anda harus tekun dan sabr. Penyakit ini biasanya menyerang kaum tua. Tapi mereka yang beragama Islam dan tekun menjalankan shalat lima waktu, ditambah shalat sunnah, semua itu dilaksanakan secara benar, biasanya jauh dari penyakit ini. Biar tua mereka tetap sehat juga.
Inilah bahan-bahan obat Rhematik :
• Minyak Gandapura 225 cc
• 3 butir Pala
• Bawang Putih 3 butir
• 20 merica hitam
• 10 buah cengkeh
• Jahe 2 jari tangan
• Jinten ½ sendok the

Caranya :
Semua bahan kecuali minyak gandapura ditumbuk halus bila tumbukan sudah halus maka masukkan ke dalam minyak ganda pura. Aduk rata, lalu tiap malam gunakan untuk menggosok seluruh tubuh atau bagian yang sering terasa sakit.

Supaya Perut Tidak Buncit
Terutama bagi para ibu sesudah melahirkan, Bila anda tidak hati-hati merawat tubuh jangan-jangan suami anda kecantol wanita lain yang perut dan piggangnya lebih ramping. Lebih-lebih lagi para suami yang imannya mudah goyang oleh wajah cantik.
Jangan biarkan suami anda sebal melihat perut anda yang berkerut-kerut karena buncit, usahakan anda tetap datar, kempis dan ramping dengan ramuan dan cara dibawah ini :
• Kapur sirih diberi sedikit minyak kayu putih dan perasan jeruk nipis aduk ketiga ramuan tadi hingga rata lalu oleskan pada seluruh perut dan pinggang sampai rata. Setelah kering baru diikat dengan stagen kencang. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan lakukanlah cara ini tiap pagi dan sore selama 40 hari.

Mengobati Amandel Bengkak
Untuk melenyapkan sama sekali amandel tak dapat tidak harus dilakukan operasi, ini yang biasa dilakukan manusia modern. Tapi dunia pengobatan tradisional punya cara unik Tanpa operasipun amandel bisa hilang.

Untuk amandel benggkak :
Cara mengempiskannya dengan 2 buah jeruk nipis yang dibelah jadi empat. Peras airnya, campurkan sedikit kapur sirih, aduk sampai rata baru kemudian diminum. Bila resep ini diminum tiga kali sehari, siang dan malam selama tiga hari, Insya Allah amandel segera kempis dan rasa sakit jadi hilang.

Untuk Menghilangkan Amandel :
Ambil daun benalu yang tumbuh dipohon jeruk nipis, tambahkan adas pulowaras, keduanya ditumbuk halus, diberi sedikit air kemudian diperas. Air perasan inilah yang diminum. Buat dan minum ramuan ini sebanyak sepuluh kali, lalu berdo`a dengan sungguh-sungguh, Insya Allah sembuh!.

Agar Tidak Mabuk Kendaraan
Mabuk kendaraan bisa disebabkan berbagai hal. Mungkin tidak tahan dengan bahan bakar yang dipakai kendaraannya, mungkin jarang bepergian jauh dan mungkin lemah jantung. Ada juga karena perut kosong alias belum diisi sewaktu hendak berangkat sehingga masuk angin dan muntah-muntah.

Cara pertama :
• Jangan biarkan perut anda kosong sewaktu hendak berangkat naik kendaraan, apalagi bepergian jauh.
Cara kedua :
• Terutama untuk orang lemah jantung, maka sebelum naik kendaraan minumlah 3 sendok madu murni dicampur garam.

Obat Masuk Angin
Masuk angin bisa menyerang siapa saja, dimana saja. Dikendaraan, di rumah maupun dikapal udara. Tapi ada cara tradisional yang sangat sederhana unutk mengatasi masuk angin.

Bahan-bahan :
• Bawang merah secukupnya
• Jahe secukupnya

Caranya :
Jahe dan brambang dibakar dalam abu panas (di tungku) bila sudah agak hangus angkat dari abu dan kupas kulitnya. Setelah dibuang bagian yang kotor pukullah dengan benda keras hingga gepeng dan agak remuk, masukkan kedalam air susu segelas, ramuan ini diminum dalam keadaan hangat, terutama ketika hendak bepergian.
Bila anda bepergian juh ramuan ini bisa dimasukkan ke dalam tremos dalam keadaan panas, bisa anda minum di kendaraan pada saat anda merasa hendak mabuk atau mau muntah-muntah.

Jika Susah Buang Air Besar
Jika anda mengalami sukar buang air besar gunakan ramuan dibawah ini :

Bahan-bahan :
• Tape ketela pohon secukupnya
• Buah papaya secukupnya
• Buah pisang secukupnya
• Sirsak atau moris secukupnya
Caranya :
Semua bahan digodok sebagai kolak lalu diminum setiap pagi hari. Ada juga cara lain yaitu dengan minum ramuan sari temulawak yang dibubuhi gula dan sedikit asam. Insya Allah sembuh !

Obat Bronkitis
Karena jenis penyakit ini agak berat maka penyembuhannyapun agak unik, sebenarnya tidak mahal, tapi bahan tersebut sukar di dapat di kota besar, anda terpaksa harus pesan ke pedesaan, yaitu burung sikatan.

Batuk Bronkitis bisa di obati dengan cara membakar burung sikatan berikut bulunya, setelah bulunya hilang dagingnya diperkirakan masak boleh anda santap dengan bumbu lainnya sesuai dengan anda.

Cara menangkap burung sikatan terserah anda, bisa di tembak dengan senapan dll. Pengobatan ini jangan hanya sekali, tapi berkali-kali !

Agar Bulu Mata Jadi Lentik
Bulu mata yang lentik adalah idaman setiap wanita. Pandangan mata seseorang bermata lentik bagaikan besi sembrani, bisa membuat orang terpesona. Bila anda ingin bulu mata yang lentik maka ikuti saja petunjuk dibawah ini.

Bahan-bahan :
• Lidah buaya
• Tangkai daun sirih

Caranya :
Tangkai sirih dicelupkan pada lender lidah buaya lalu di oleskan pada bulu mata. Hentikan untuk sementara pemakaian mascara. Bila anda rajin melakukan cara ini dalam waktu tidak begitu lama bulu mata anda akan akan menjadi lentik dan mempesona.

Obat Bau Badan (Ketiak)
Bau badan yang tidak enak atau kurang sedap bikin orang jadi minder dalam pergaulan. Bau badan tidak hanya dapat diobati dari luar berupa parfum saja, tapi juga diobati dari dalam.

Obat Luar : Geruslah beberapa merica dan kapur barus serta minyak tanah lalu bubuhkan pada ketiak anda. Jika anda rajin melakukannya bau badan segera hilang. Untuk merontokkan rambut ketiak maka campurlah ramuan tadi dengan limau nipis kapur sirih.

Obat dalam : Untuk diminum, yaitu dengan rajin makan daun beluntas atau kemangi. Caranya terserah anda, bisa digunakan sebagai batok atau kulup-kulupan. Selain itu hindari makan-makanan yang berbau amis dan kurang sedap misalnya ikan sungai.

Jika Sukar Tidur
Orang yang menderita sakit kebanyak tidak dapat tidur nyenyak. Sedang pemakaian obat penenang atau pil tidur secara terus-menerus atau berlebihan bisa mengabatkan efek samping yang tidak diinginkan. Untuk mengganti pil tidur maka gunakan resep sederhana di bawah ini :
Ambil sebuah biji pala, kupas kulitnya lalu digerus halus, Bubuhi dengan sedikit air lalu tempelkan pada pelipis penderita, Insya allah penderita sakit segera tertidur nyenyak bukan karena sakit, Tapi karena gangguan system syaraf yang tidak bekerja dengan sempurna atau karena pikiran kusut (terlebih dahulu usahakan menyelesaikan segala persoalan yang mengganggu pikiran). Maka gunakan ramuan di bawah ini :
• 20 gram daun kangkung diiris halus
• 10 gram biji jintan
• 30 gram daun pegagan
• 10 gram ketumbar digerus halus
• 15 gram asam trengguli
• 450 cc air

Caranya : rebus ramuan di atas hingga mendidih, rebusan ini dipergunakan unutk sehari suntuk. Penderita hendaknya sering makan buah kates dan jeruk. Juga membiasakan caring atau berjemur di panas matahari sekitar jam tujuh hingga jam sepuluh pagi atau setelah jam empat sore.

Cara lainnya yang segera membuahkan hasil ialah dengan mandi uap atau. Mandi air hangat, dengan mandi air hangat syaraf yang tegang bisa mengendur dan santai adapun dapat tidur nyanyak.

Agar Bisa Melahirkan dengan Mudah
Para ibu yang hmil biasanya dilanda rasa cemas, takut akan mengalami kesukaran bila menghadapi sat melahirkan bayinya. Terutama para ibu yang sudah hamil di atas enam bulan sebaiknya mempersiapkan diri sejak awal. Agar mudah melahirkan cobalah seminggu sekali minum sesendok minyak kelapa asli (minyak kelapa buatan sendiri)

Bila kandungan sudah menginjak sembialn bulan minumlah lebih sering lagi, yaitu setiap hari. Jangan lupa berdo`a dengan sungguh-sungguh, jangan menyakiti hati suami dan jangan sakiti hati kedua orang tua sendiri maupun mertua. Insya Allah anda selamat ketika melahirkan.

Menghilangkan Kebiasaan Mengorok
Kebiasaan ngorok di waktu tidur dapat mengganggu teman tidur. Baik suami, kaka, adik atau teman tidur lainnya. Lebih-lebih bila yang ngorok itu perempuan rasanya kurang feminin, Walau cantiknya bidadari tapi kalau tidurnya ngorok, ya kurang anggun. Untuk mengatasi kebiasaan ngorok gunakan cara dibawah ini.

Bahan :
• 2 sendok makan madu asli.
• 2 ruas kunir atau kunyit

Caranya :
Kunir digepengkn, atau diparut lalu diperas airnya, campurkan dengan madu asli dan aduk sampai rata, minum ramuan ini setiap hari selama seminggu. Bila anda melakukannya tepat seminggu, anda tidak akan ngorok lagi Selanjutnya setiap minggu cukup sekali.

Jika Hidung Terasa Sakit
Bila hidung anda terasa sakit, baik ada bintik-bintik merahnya atau karena mimisan alias keluar darah dari lubang hidung, maka gunakan ramuan di bawah ini :

Bahan :
• Ambil daun sirih 7 lembar, 3 lembar dilembutkan, bila telah halus tutul-tutulkan pada hidung yang berbintik-bintik merah.
• Bila darah mengalir dari lubang hidung gunakan 4 lembar daun sirih lainnya unutk menyumbat hidung supaya darah segerah berhenti mengalir, ulangi beberapa kali.

Obat Kencing Manis
Ini resep Unik. Terutama bila anda yang menderita kencing manis suka berburu. Sambil menyalurkan hoby berburu, carilah seekor tupai. Cara mendapatkanya terserah anda, dijebak maupun ditembak tidak mengapa.
Bila sudah mendapatkan seekor tupai maka sembelihlah dengan menyebut nama Allah. Kemudian kuliti daging tupai tersebut, bila sudah dikuliti semua masukkan kedalam rendaman air asam selama satu jam baru sesudah itu daging tupai digoreng, tak pakai minyak, cukup digoreng dengan air asam tadi demi kesembuhan anda.

Obat Sakit Encok
Penyakit encok biasanya melanda kaum tua, tidak jarang kaum muda juga terserang penyakit ini. Obat sederhana untuk kasus ini ialah dengan cara memanaskan daun bunga bakung di atas api sampai lemas. Setelah dalam keadaan hangat-hangat kuku lilitkan pada pinggang bagian badan anda yang pegal-pegal. Bila masih terasa sakit ulangi beberapa kali. Boleh juga mencoba ramuan di bawah ini :
• Kurangi makanan yang mengandung garam. Hindari segala makanan asin dan makanan daging apa saja.
• Cari daun ngokilo atau remujung 20 gram direbus dan dijadikan minuman untuk sehari.
• Bila nada tidak menemukan bahan-bahan di atas cukup dapatkan saja akar rumput alang-alang. Rebuslah akar tersebut dan jadikan minuman sehari-hari sampai sakit pinggang anda sembuh.

Jangan meremehkan akar alang-alang. Lihatlah, rumput alang-alang adalah tumbuhan paling tangguh melawan alam. Di tanah yang paling kering dan gersangpun alang-alang mampu bertahan bahkan bisa tumbuh dengan suburnya.

Mengatasi Efeek Sesudah Vaksinasi Bayi
Anak kecil yang mendapatkan vaksinasi biasanya badannya terasa panas. Sekitar bekas suntikan menjadi kaku dan sedikit bengkak. Untuk mengatasi bagian yang bengkak, urutlah dengan air asam termasuk pangkal paha anak agar tidak terasa nyeri. Untuk menurunkan panasnya beri ramuan di bawah ini :
• Kunir
• Madu
• Kuning Telur

Caranya :
Kunir diparut dipera airnya, campurkan 1 sendok makan madu dan beri pula kuning telur ayam kampung, aduk rata baru kemudian diminumkan pada si buah hati.

Obat Demam Berdarah
Mereka yang terkena serangan demam berdarah biasanya panas badannya tidak mau turun-turun. Tak lama kemudian ada bintik-bintik merah pada kulitnya. Sebagai pertolongan pertama berikan segera air kelapa muda hijau yang dibubuhi limau nipis. Ada juga resep yang agak lengkap.

Bahan-bahan :
• Daun sambiloto diperas 15 gram
• Daun jinten 10 gram
• Daun ngokilo diperas 5 gram

Caranya :
Campur ramuan di atas dengan air panas 150 cc Ramuan ini hanya untuk sekali minum. Untuk meminumnya lagi anda harus membuat ramuan baru.

Obat Kuat Untuk Pria dan Wanita
Ini resep sederhana yang paling mudah didapat bahan-bahannya. Resep ini untuk menambah kekuatan agar anda tidak merasa lelah atau lesu ketika bekerja.

Bahan-bahan :
• 1 sendok makan madu
• 1 butir telur ayam kampong
• Kunir diparut diperas airnya hingga 1 sendok makan
• ½ sendok makan perasan air jeruk nipis.

Nah, mudah bukan untuk mendapatkan bahan-bahan ini. Selanjutnya anda kocok kuning telur ayam, bubuhkan air kunir, air jeruk dan madu, aduk sampai rata, Untuk kaum pria boleh ditambah merica secukupnya. Minum ramuan ini dua kali dalam seminggu niscaya anda tidak akan cepat merasa lelah, giat bekerja dan makin produktif.

Obat T.B.C
Penderita penyakit TBC biasanya diasingkan ke suatu tempat. Untuk mengobati penyakit ini carilah ramuan di bawah ini :
• Adas pulosari 1 cangkir teh
• Pucuk daun anom (sejenis Pare yang kulitnya berbintik-bintik) ambil sekepal saja.
• Gula aren 2 sendok makan

Caranya :
Adas pulosari dan daun anom dicampur lalu direbus dengan sepanci air. Waktu merebus harus ditutup rapat. Biarkan selama setengah jam hingga airnya tinggal seperempat panic, angkat dari kompor lalu masukkan gula aren dan aduk rata hingga airnya dingin.
Minumkan ramuan ini tiap pagi, siang dan malam. Tapi jangan mimpi sekali minum langsung sembuh. Cra ini harus dilakukan selama tiga bulan hingga penyakit tersebut benar-benar sembuh !

Jika Hidung Terasa Sakit
Bila hidung anda terasa sakit, baik ada bintik-bintik merahnya atau karena mimisan alias keluar darah dari lubang hidung, maka gunakan ramuan di bawah ini :
Bahan :
• Ambil daun sirih 7 lembar, 3 lembar dilembutkan, bila telah halus tutul-tutulkan pada hidung yang berbintik-bintik merah.
• Bila darah mengalir dari lubang hidung gunakan 4 lembar daun sirih lainnya untuk menyumbat hidung supaya darah segera berhenti mengalir. Ulangi beberapa kali.

Obat Kencing Manis
Ini resep unik. Terutama bila anda yang menderita kencing manis suka berburu. Sambil menyalurkan hoby berburu, carilah seekor tupai. Cara mendapatkannya terserah anda, dijebak maupun ditembak tidak mengapa.
Bila sudah mendapatkan seekor tupai maka sembelilah dengan menyebut nama Allah, Kemudian kuliti daging tupai tersebut, bila sudah dikuliti semua masukkan ke dalam rendaman air asam selama satu jam baru sesudah itu daging tupai digoreng, tak pakai minyak, cukup digoreng dengan air asam tadi demi kesembuhan anda.

Ramuan Kuat Melek (jagal)
Terutama bagi mereka yang terkena tugas siskamling sehingga harus melek semalam suntuk. Atau mereka yang harus melek (jaga) pada suatu pesta perkawinan. Mereka yang jarang tidur malam biasanya menderita kepala pusing. Untuk menghilangkannya rasa pusing ini cukup anda ikuti resep di bawah ini :
• Ambil kopi bubuk 1 sendok makan, campurkan sedikit gula pasir, lalu campurkan pula dengan kuning telur ayam kampong. Tuangkan setengah gelas air mendidih lalu aduk rata menjadi satu.
• Tunggu sekitar 10 menit baru kemudian diminum. Rasa sakit di kepala anda tak lama segera lenyap. Adapun untuk kuat melek (jaga) anda cukup minum kopi murni yang diseduk dengan air panas, beri gula tapi jangan terlalu manis.

Menyegarkan Kulit
Seharian bekerja membuat kulit terasa tegang, untuk memperoleh kesegaran kulit, terutama pada wajah maka lakukan petunjuk di bawah ini. Ambillah beberapa bahan seperti :
• Telur ayam diambil putihnya saja.
• 1 sendok madu
• 3 sendok susu

Caranya :
Campur semua bahan aduk rata lalu poleskan paa wajah dan leher. Biarkan kering dan mengeras, setengah jam kemudian bersihkan dengan air hangat lalu dengan air dingin. Rasakan kulit anda akan menjadi segar. Lebih-lebih lagi bila anda orang Islam, waktu membilas wajah anda tidak sembarang membilas melainkan disertai wudlu, maka wajah anda akan tampak segar, bukan hanya segar dari luar, tapi ada kekuatan jiwa yang tersembunyi, asal saja wudlunya tepat dan benar.

Mengobati Kencing Batu
Hati-hati terhadap penyakit ini. Jangan biarkan berlarut-larut. Kalau sudah parah anda terpaksa harus dioperasi. Dunia pengobatan timur punya cara unik untuk menyembuhkannya, asal anda sabar dan tekun, tidak tergesa-gesa megumpat, mudah-mudahan bisa sembuh !
Bahan-bahan :
• Akar aren segenggam
• Akar alang-alang segenggam
• Adas pulosari
• Gula batu
• Air 2 gelas
Caranya :
Rebus semua bahan hingga airnya tinggal segelas minum setiap pagi hingga batu dalam kandung kencing hilang.

Membasmi Jamur Kulit
Udara yang terlalu panas, tubuh terlalu lembab bisa menyebabkan bercak-bercak putih yang disebut jamur kulit, jamur kulit yang disebut jamur kulit` Kembang` agak cepat menjalankannya, dalam tempo sebulan bisa membuat separuh tubuh jadi belang-belang. Yang parah adalah bila jamur ini menyerang bagian wajah, anda bisa mati kutu, tak punya nyali dalam pergaulan.
Untuk melenyapkan jamur kulit gunakan cara di bawah ini. Ambil sepotong lengkuas atau laos, potong menjadi dua, getah lengkuas ini gosokkan pada bagian kulit yang terkena jamur kulit. Lebih cepat lagi kemanjurannya bila kulit yang hendak digosok itu diberi sedikit garam, memang pedih tapi hasilnya luar biasa.
Untuk mereka yang memiliki kulit tidak usah menggunakan lengkuas ini (bisa bikin kulit jadi gosong). Kurang dari satu jam sejak anda menggosokkan lengkuas segeralah dibersihkan dengan air hangat.

Obat Perut Kembung
Tanda perut kembung ialah akan berbunyi, bung ! bung ! seperti kosong ! ini disebabkan masuk angin.
Tindakan pertama bagi penderita adalah dengan memijat bagian pinggang di bawah punggung. Seterusnya bisa anda balurkan minyak gondopura, dan dikompres dengan parutan tumbuhan sosor-bebek.
Bila bahan diatas tidak anda temukan, carilah jahe, gepengkan lalu masukkan dalam gelas berisi air panas, setelah dibubuhi gula aduk rata, minum dalam keadaan hangat.

Obat Diabetes
Bahan untuk mengobati diabetes cukup mudah didapat, yaitu petai cina. Dalam bahasa jawa disebut lamtoro, bentuknya memang seperti petai biasa Cuma agak besar. Ambil beberapa batang lamtoro yang sudah agak tua dan sudah kering di pohon. Kupas kulit ambil biji-bijinya.
Biji lamtoro ini disangai (digoreng tanpa minyak) sampai matang Tumbuk sampai halus hingga menyerupai bubuk kopi.

Caranya :
• Bubuk lamtoro dengan air panas, minumlah dalam keadaan hangat kuku. Waktu minum ikutan pula ampasnya. Lakukan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore atau malam.
• Mereka yang terkena diabetes maupun ada gejala terserang diabetes bisa mempergunakan bubuk lamtoro ini sebagai obatnya.

Obat Panas Dalam
Panas dalam tubuh membuat seluru syaraf seakan tidak berfungsi. Penderita tidak ada nafsu makan, bibirnya pecah-pecah, nafasnya memburu dan sengau. Gunakan ramuan di bawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
• Segenggam daun randu.
• Akar alang-alang secukupnya

Caranya :
Daun randu akar alang-alang direbus jadi satu dalam air sebanyak dua gelas. Biarkan mendidih, setelah itu disaring dan air saringan itu diminum sehari tiga kali.
Dengan resep di atas dalam satu hari panas dalam akan hilang. Biasanya penderita akan mencret, tapi jangan terkejut, mencret tersebut adalah hal biasa sebagai proses penyembuhan, panas keluar !

Obat Sakit Paru-paru
Pengobatan untuk sakit paru-paru yang paling sederhana adalah dengan pempegunakan tumbuhan yang banyak umbuh di lading-ladang. Orang jawa menyebutnya kecut-manis. Tapi bukan buahnya yang dipergunakan sebagai obat paru-paru.
• Ambil akar, batang dan daun ciplukan. Rebus sampai mendidih seelah dingin minumkan pada penderita sehari tiga kali masing-masing segelas. Pengobatan cara ini dilakukan selama 6 bulan.

Obat bisul (Udun)
Bisul adalah kotoran dalam tubuh yang terdorong keluar sehingga timbullah bisul untuk mengatasinya gunakan ramuan di bawah ini :
• Asam terngguli 15 gram
• Ragi 10 gram
• Pegagan 20 gram
• Parutan temulawak 40 gram
• Daun sendokan 20 gram
• Asam kawak (lama) 5 gram

Ditambah air 650 cc untuk merebus semua ramuan, selanjutnya disaring dan dijadikan minuman pagi, siang dan sore. Untuk obat luar senagai kompres gunakan air kelapa muda hijau yang dibubhi sedikit garam. Pantangan : jangan makan daging hewan.
Sistem pencernaaan idak bekerja dengan sempurna. Kotoran tersumbat di usus. Untuk menyembuhkannya gunakan Ramuan dibawah ini.
Semua bahan dipotong halus atau tipis-tipis.
• Buah nanas dipotong kecil-kecil 40 gram
• Asam trengguli ditumbuk 20 gram
• Peganan kaki kuda 10 gram
• Daun jarak pagar 4 gram

Caranya :
Semua bahan direbus dengan air 600 cc. Diminum dua jam sebelum makan. Pagi siang dan sore. Hindari merokok, jangan minum the, jangan pergunakan obat bius. Usahakan makan buah-buahan segar terutama kates/papaya, wortel dan minum sari jeruk segar.

Ramuan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

AMANDEL
Bahan yang digunakan
• Mengkudu 2 buah
• Madu murni 2 sendok makan

Bahan yang digunakan
• Mengkudu 2 buah
• Madu murni 2 sendok makan
Cara meramu bahan
Buah mengkudu diperas, disaring dan ditambah sedikit air panas, masukkan ke dalam gelas lalu dicampur dengan madu dan aduk sampai rata.

Aturan penggunaan ramuan
Dikumur dahulu selama beberapa menit lalu diminum. Lakukan 3x dalam sehari.

AMBEIEN
Bahan yang digunakan
• Daun kejibeling 6 gram
• Meniran 6 gram
• Temu lawak 3 gram
• Asam kawak 1 gram

Cara meramu bahan
Semua badan digodok
Dengan air 1 liter, hingga menjadi ½ liter air.

Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari, lakukan selama 5 hari berturut-turut.

ANEMIA (KURANG DARAH)
Bahan yang digunakan
• Jeruk nipis 1 buah
• Daun bayam 1 genggam
• Telur ayam kampung 1 butir
• Madu 2 sendok makan

Cara meramu bahan
Daun bayam ditumbuk dan diambil sarinya, campur dengan kuning telur ayam kampong dan madu, lalu tetskan sedikit sari jeruk nipis.

Aturan penggunaan ramuan
Diminum setiap pagi selama 5 hari.

ALERGI
Bahan yang digunakan
• Daun sirih 7 lembar
• Bengle 1 potong
• Minyak 1 sendok the

Cara meramu bahan
Daun sirih dan bengle ditimbuk sampai halus, kemudian dicampur dengan kayu putih dan aduk sampai rata.

Aturan penggunaan ramuan
Dioleskan bagian kulit yang gatal secara merata.

ASMA (BATUK MENGI)
Bahan yang digunakan
• Daun seledri 3 tangkai
• Daun randu 9 helai
• Garam secukupnya
• Gula aren secukupnya
Cara meramu bahan
Semua bahan ditumbuk halus, kemudian Masukkan ke dalam gelas, tambahkan air panas ½ gelas dan aduk sampai rata, lalu disaring.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum sebelum makan pagi. Lakukan selama 3 hari berturut-turut.

ANTI GIGITAN NYAMUK
Bahan yang digunakan
• Akar, batang, daun sambiloto 1 genggam
• Air bersi 7 gelas
Cara meramu bahan
Semua bahan direbus dengan menggunakan 7 gelas air biarkan sampai mendidih.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 1x ½ gelas per hari, dilakukan pada waktu sore hari.

ANTI ROKOK
Bahan yang digunakan
• Radix cascarilea 7 gram
• Daun sembung 10 gram
• Daun Senna 5 gram
• Air mendidih 300 cc
bahan Cara meramu
Radix cascarilea dan daun senna dihaluskan lalu masukkan ke dalam air yang mendidih aduk hingga rata
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 1 x ½ gelas per hari.

BATUK
Bahan yang digunakan
• Jeruk nipis 1 buah
• Bawang putih 2 siung
• Madu murni 2 sendok makan
Cara meramu bahan
Bawang putih ditumbuk, kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis, madu murni, dan tambahkan air panas ½ gelas.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum siang dan sore hari.

BATU EMPEDU
Bahan yang digunakan
• Temulawak 30 gram
• Kapulaga 20 gram
• Kunyit 10 gram
• Daun meniran 10 gram
• Kumis kucing 40 gram
• Gempur watu 10 gram
• Dringgo 10 gram
• Sari nipis 100 gram
• Air 200 cc
Cara meramu bahan
Semua bahan dimasukkan kedalam panci, kemudian direbus hingga mendidih.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari, lakukan dalam waktu 7 hari berturut-turut.

BRONCHITIS
Bahan yang digunakan
• Kembang sepatu 2 kuntum
• Garam secukupnya
• Air masak 2 gelas
Cara meramu bahan
Kembang sepatu dicuci bersih lalu ditumbuk, masukkan kedalam 1 gelas air beri garam secukupnya lalu disaring.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari.

OBAT BISUL
Bahan yang digunakan :
• Daun bayam duri 10 gram
• Daun kangkung 10 gram
• Asam kawak 5 gram
• Garam secukupnya
Cara meramu bahan :
Daun bayam duri dan daun kangkung ditumbuk hingga halus, campurkan dengan asam kawak dan bubuhi garam secukupnya.
Aturan penggunaan ramuan
Tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul.

BUSUNG LAPAR
Bahan yang digunakan :
• Daun kumis kucing 1 genggam
• Akar papaya gundul 3 potong
• Daun belimbing wuluh 15 lembar
Cara meramu bahan
Rebuslah semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih, setelah hangat disarig airnya.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari.

BATU GINJAL
Bahan yang digunakan :
• Daun remukjung 20 helai
Cara meramu bahan
Cuci daun remukjung hingga bersih, tumbuklah hingga halus lalu diperas untuk diambil airnya kurang lebih ½ gelas.
Aturan penggunaan ramuan
Minumlah setiap pagi. Bila tidak tahan baunya, Anda juga bisa merebusnya terlebih dahulu.

BENGKAK DIBADAN
Bahan yang digunakan :
• Kunyit 1 jari
• Kapur sirih secukupnya
• Air secukupnya
Cara meramu bahan
Cucilah sepotong kunyit hingga bersih lalu diparut, parutan kunyit ditambah dengan sedikit kapur dan sedikit air, panaskanlah ramuan itu di atas api sebentar saja, sampai suam-suam kuku.
Aturan penggunaan bahan
Setelah hangat, oleskan ramuan itu pada kulit yang bengkak-bengkak selama 5 menit.

CUCI DARAH
Bahan yang digunakan :
• Bidara laut 2 bungkal
• Air bersih 2 gelas
Cara meramu bahan :
Umbi bidara laut dicuci lalu direbus dengan menggunakan 2 gelas air hingga menjadi 1 ½ gelas.
Aturan penggunaan ramuan
Miumlah air rebusan bidra laut tersebut 1 ½ gelas per hari, dilakukan sebelum tidur malam.

CUCI MATA
Bahan yang digunakan :
• Daun sirih dan tangkainya 1 genggam
• Air bersih 4 gelas
Cara meramu bahan :
Rebuslah daun sirih beserta tangkainya dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga mendidih, kemudian tiriskan hingga dingin.
Aturan penggunan ramuan :
Cucilah bola mata Anda dengan air rebusan sirih yang sudah dingin. Pencucian ini bisa dilakukan dengan cara merendamnya atau cukup dengan meneteskan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan sehari dua kali. Pagi dan sore hari.

DIARE
Bahan yang digunakan :
• Kunyit 3 jari
• Gambir 10 gram
• Kapur sirih secikupnya
Cara meramu bahan
Semua bahan ditumbuk halus, lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas sampai mendidih. Pada saat hangat-hangat kuku airnya disaring.
Aturan penggunaan ramuan
Minumlah ramuan ini 2x sehari (pagi dan petang ) sampai sembuh.

DISENTRI
Bahan yang digunakan :
• Kunyit 3 jari
• Gambir 10 gram
• Rendaman kapur sirih 5 cc
Cara meramu bahan
Semua bahan ditumbuk halus, lalu tuangkan air panas dan diperas.
Aturan penggunaan ramuan
Minum 3x sehari (pagi, siang, malam ) sesudah makan.

DIFTERI
Bahan yang digunakan :
• Buah nanas masak 3 buah
• Air Secukupnya
Cara meramu bahan
Kupas buah nanas masak, lalu diparut, Hasil parutan dicampuri air panas lalu diaduk dan diperas.
Aturan penggunaan ramuan
Gunakan air perasan ini untuk dimimun 2x sehari dan kumurkan sebagian kecil selama 3 menit.

DEMAM
Bahan yang digunakan :
• Teh biasa / the celup secukupnya
• Susu instan secukupnya
• Air panas 1 gelas
Cara meramu bahan :
Susu instan dan the dimasukkan dalam gelas lalu diaduk dengan air panas
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari.

DARAH TINGGI
Bahan yang digunakan
• Buah belimbing secukupnya
Cara meramu bahan :
Buah belimbing diparut sampai halus dan diambil airnya.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 1x sehari, lakukan dalam jangka waktu 1 bulan.

DARAH NORMAL
Bahan yang digunakan :
• Kangkung 1 genggam
• Bawang merah 1 siung
• Gula secukupnya
• Garam secukupnya
Cara meramu bahan :
Kangkung dan bawang merah diiris-iris kecil lalu direbus, setelah itu tambahkan gula dan garam secukupnya.
Aturan penggunaan ramuan
Dimakan sebagai sayuran pelengkap pada saat jam makan.

EKSIM
Bahan yang digunakan :
• Kunyit 4 jari
• Lengkuas 2 jari
• Kapur sirih secukupnya
Cara meramu bahan
Kunyit dan lengkuas diparut, lalu dicampur dengan kapur sirih.
Aturan penggunaan ramuan
Tempelkan ramuan ini pada bagian yang sakit, gunakan perban agar tidak terkena air.

EPILEPSI
Bahan yang digunakan :
• Daun kaki kuda ½ genggam
• Daun meniram ½ genggam
• Daun kemangi ½ genggam
• Daun sengkep ¼ genggam
• Gula enau secukupnya
Cara penggunaan ramuan
Ambilla 1 sendok ramuan tadi, seduh dengan air panas ¾ gelas, tambahkan gula enau secukupnya.
Diminum 3x sehari.

GALIGATA (BIDUR)
Bahan yang digunakan :
• Meniram 25 gram
• Kayu manis 10 gram
Cara meramu bahan
Tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus, seduhlah dengan air panas 1 gelas.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum saat ramuan tersebut suam-suam kuku, lakukan 2x dalam sehari.

GEJALA MALARIA
Bahan yang digunakan :
• Daun meniram 30 gram
• Daun beluntas 30 gram
• Daun papaya 30 gram
• Gula aren secukupnya
Cara meramu bahan :
Daun meniram, daun beluntas dan daun papaya direbus dengan air 1 ½ liter, hingga menjadi 1 liter.
Aturan penggunaan ramuan
Di minum 3x sehari, sebelum diminum tambahkan gula aren menurut selera masing-masing agar rasanya enak.

GEJALA DEMAM BERDARAH
Bahan yang digunakan :
• Jambu klutuk merah 5 buah
• Gula merah secukupnya
• Air secukupnya
Cara meramu bahan :
Jambu klutuk dicuci lalu dikupas, bijinya dibuang setelah dikupas langsung diblender atau ditumbuk sampai halus, tambahkan gula dan air.
Aturan penggunaan ramuan :
Diminum 3x sehari lakukan rutin selama demam berdarah masih terasa.

GEJALA TIFUS
Bahan yang digunakan :
• Telur ayam kampong 2 butir
• Madu 2 sendok makan
Cara meramu bahan :
Tekur ayam kampong diambil kuning telurnya, campurkan dengan madu, aduk hingga rata.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 2x sehari.

HIDUNG BERDARAH
Bahan yang digunakan :
• Daun sirih muda 1 lembar
Cara meramunya :
Dau sirih dicuci dan disobek menjadi 2 bagian, lalu digulung.
Aturan penggunaan ramuan :
Daun sirih yang sudah digulung, bagian yang disobeknya masukkan kedalam lubang hidung yang berdarah, isap aroma daun sirih secara perlahan, lakukan terus sampai pendarahan pada hidung berhenti.

HEPATITIS
Bahan yang digunakan
• Bratawali 15 gram
• Daun inggu 15 gram
• Kunyit 15 gram
Cara meramu bahan:
Bratawali dan kunyit dipotong-potong masukkan ke dalam panic lalu bubuhkan daun inggu, rebus dengan air 1 liter biarkan hingga tinggal ½ liter.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari.

INFEKSI KUKU
Bahan yang digunakan
• Bawang merah 3 siung
• Minyak kelapa 1 sendok makan
• Daun pisang secukupnya
Cara meramu bahan :
Bawang merah digerus hingga halus, lalu dicampur dengan minyak kelapa, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan panggang di atas api.
Aturan penggunaan ramuan
Buka bungkusan yang sudah dipanggang templekan pada jari yang terkena infeksi kuku, kemudian balur dengan perban. Setiap hari ganti dengan ramuan baru, lakukan selama 4 hari berturut-turut.

INFEKSI SALURAN KENCING
Bahan yang digunakan:
• Bunga matahari 30 gram
• Air bersih 3 gelas
Cara meramu bahan :
Bunga matahari direbus hingga airnya hangat.
Aturan penggunaan bahan
Diminum sebelum tidur sebanyak 1 gelas, lakukan selama 3 hari berturut-turut.

JANTUNG
Bahan yang digunakan :
• Akar tebu hitam 30 gram
• Air bersih ½ liter
Cara meramu bahan :
Akar tebu hitam dicuci bersih, kemudian rebuslah dalam ½ liter air sampai mendidih, biarkan selama 10 menit.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari.

KEJANG JANTUNG
Bahan yang digunakan :
• Kacang hijau ¾ gelas
Cara meramu bahan :
Kacang hijau dicuci bersih dan direbus dengan 2 gelas sampai airnya tinggal ¾ nya, sesudah dingin disaring.
Aturan penggunaan ramuan :
Air yang sudah disaring diminum 2x sehari, kacang hijaunya dibuat bubur dan dimakan.

KENCING MANIS
Bahan yang digunakan :
• Daun murbai 150 gram
• Daun meniram lengkap dengan akar dan batang 150 gram
• Kumis kucing 150 gram
• Lamtoro (petai cina) 150 gram
• Daun kaki kuda 150 gram
Cara meramu bahan :
Semua bahan direbus dalam 3 liter air sampai mendidih dan airnya menjadi setengahnya.
Aturan penggunaan bahan
Diminum 3x sehari, lakukan sampai penyakitnya sembuh.

KURANG NAFSU MAKAN
Bahan yang digunakan :
• Daun papaya muda 1 genggam
• Madu murni 1 sendok makan
• Air masak 1 gelas
Cara meramu bahan :
Daun papaya dicuci, lalu ditumbuk halus diberi air panas dan diperas, air perasan diberi madu, lalu diaduk rata.
Aturan penggunaan ramuan :
Diminum 2x sehari, sebanyak ½ gelas.

KANKER PAYUDARA
Bahan yang digunakan :
• Pare (sayur paria) 2 buah
• Gula secukupnya
• Garam secukupnya
Cara meramu bahan :
Sayur pare atau paria diparut hingga halus campurkan dengan gula dan garam secukupnya, tambahkan air masak sebanyak 1 gelas lalu peras.
Aturan penggunaan bahan :
Diminum 3x sehari, lakukan sampai penyakitnya sembuh.

KERACUNAN MAKANAN
Bahan yang digunakan :
• Bawang putih 2 siung
• Biji jinten 1 sendok
• Madu murni secukupnya
Cara meramu bahan
Bawang putih dan biji jinten ditumbuk halus masukkan madu, aduk sampai rata.
Aturan penggunaan ramuan :
Diminum sekali habis hingga keracunnnya hilang.

KEPALA PUSING
Bahan yang digunakan :
• Daun jeruk nipis ½ genggam
• Jeruk nipis 1 butir
Cara meramu bahan :
Daun jeruk nipis dikeruk halus, masukkan kedalam gelas, lalu masukkan perasan air jeruk nipis.
Aturan penggunaan ramuan :
Gunakan untuk menggosok bahu, tengkuk dan pelipis lakukan sehari 2 x.

PERUT KEMBUNG
Bahan yang digunakan :
• Air the panas 1 gelas
• Jeruk nipis secukupnya
• Gula batu aecukupnya
Cara meramu bahan
Air the panas dicampur jeruk nipis dan gula batu, diaduk hingga rata.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum sekali habis pada saat suam-suam kuku (hangat).

KUDIS
Bahan yang digunakan :
• Belerang 1 bungkus kaleng
• Minyak kelapa aecukupnya
Cara meramu bahan :
Taruhlah kedua bahan tersebut pada sebuah kaleng lalu panaskan diatas api sampai belerangnya meleleh dan larut bersama minyak kelapa hingga menjadi bubur.
Aturan penggunaan ramuan :
Aebelum diobati, bersihkan dahulu lukanya lalu oleskan ramuan tersebut. Lakukan setiap sore sehabis mandi.

KAKI BENGKAK (BERI-BERI)
Bahan yang digunakan :
• Kulit atau baba`an pohon kamboja secukupnya
• Kulit atau baba`an pohon keturi secukupnya
Cara meramu bahan :
Kedua bahan tersebut direndam dengan ½ ember air selama sehari semalam.
Aturan penggunaan bahan :
Pergunakanlah air rendaman itu untuk membasuh dan mencuci kaki yang bengkak, lakukan setiap hari.

KOLESTEROL
Bahan yang digunakan :
• Daun teh hijau 7 gram
• Air panas 1 gelas
Cara meramu bahan :
Seduh daun teh hijau dengan 1 gelas air panas . tutup dan diamkan selama 10 menit.
Aturan penggunaan ramuan
Minum teh selagi hangat.

LUKA BAKAR
Bahan yang digunakan :
• Getah daun papaya muda 1/3 cangkir
Aturan penggunaan ramuan
Ambil kapas lalu oleskan getah tadi pada bagian yang luka dengan rata. 2 hingga 3 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

LUKA KARENA TERJATUH
Bahan yang digunakan :
• Getah batang pohon pisang ½ Cangkir
Aturan penggunaan ramuan :
Oleskan pada yang terluka maupun berdarah.

LUKA MEMAR
Bahan yang digunakan :
• Kelapa muda secukupnya
• Cuka secukupnya
Cara meramu bahan :
Parutlah kelapa muda tersebut , tuangkan cuka kedalam parutan tersebut dan aduk hingga rata.
Aturan penggunaan ramuan :
Tempelkan ramuan itu pada bagian yang memar. Balutlah rapat-rapat dan apabila sudah kering, segeralah ganti dengan ramuan baru.

LUKA TERKENA MINYAK PANAS
Bahan yang digunakan :
• Pasta gigi secukupnya
• Garam secukupnya
Cara meramu bahan :
Pasta gigi dikeluarkan lalu dicampur dengan garam aduk hingga rata.
Aturan penggunaan ramuan
Oleskan pada bagian yang terkena siraman minyak panas.

MUNTABER
Bahan yang digunakan :
• Buah pala 2 butir
• Jinten putih secukupnya
• Jahe 3 jari
• Kulit buah delima secukupnya
• Santan kelapa secukupnya
Cara meramu bahan :
Buah pala, jinten, jahe dan kulit buah delima ditumbuk sampai halus. Setelah halus. Masukkan semua bahan ke dalam santen kelapa. Aduk sampai rata.
Aturan penggunaan ramuan :
Balurkan ramuan tersebut pada perut dan ulu hati penderita.

SAKIT MAAG
Bahan yang digunakan :
• Jahe 2 jari
• Gula aren secukupnya
• Air 2 gelas
Cara meramu bahan :
Jahe dipotong. Dicuci hingga sampai mendidih, lalu direbus dengan air 2 gelas sampai mendidih, lalu masukkan gula secukupnya.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum pada saat hangat, sekali minum 1 gelas, lakukan hingga penyakit maagnya sembuh.

MENGATASI SENGATAN LEBAH
Bahan yang digunakan :
• Bunga melati secukupnya
Cara meramu bahan :
Ambillah bunga melati lalu remas-remas bunga itu.
Aturan penggunaan bahan :
Cabutlah sengatan lebah yang masih menempel di kulit. Usaplah remasan bunga-bunga melati itu pada bagian bekas sengatan.

MENGATASI BISA KELABANG (LIPAN)
Bahan yang digunakan
• Biji asam jawa secukupnya
Cara meramu bahan :
Tumbuklah biji asam jawa tersebut sampai halus.
Aturan penggunaan ramuan
Tempelkan biji asam itu pada bagian yang tersengat.

MENGATASI BISA ULAT GATAL
Bahan yang digunakan :
• Minyak tanah 3 sendok
Cara meramu bahan
Minyak tanah disaring.
Aturan penggunaan ramuan :
Gosokkan saja pada bagian kulit yang terkena ulat gatal tersebut.

MENGATASI BISA IKAN LELE
Bahan yang digunakan :
• Kopi bubuk 2-3 sendok
• Air panas secukupnya
Cara meramu bahan :
Ambillah 2-3 sendok bubuk kopi. Taruh dlam paruh mangkok. Tuangi dengan air panas (setengah mendidih) secukupnya, kemudian aduklah.
Aturan penggunaan ramuan
Uap dari ramuan itu dipergunakan untuk menguapi bagian yang terkena sengatan/patel ikal lele.

MENGATASI BISA ULAR
Bahan yang digunakan
• Empedu ular 1 biji
• Bingol pisang (bagian dalam) secukupnya
• Perban 1 lembar
Cara meramu bahan :
Bongol pisang dibuka siambil bagian dalamnya, perban bagian yang terkena gigitan.
Aturan penggunaan :
Empedu ular dimakan, tempelkan bongol pisang lalu diperban, segeralah ke puskesmas terdekat.

MENGATASI BISA UBUR-UBUR
Bahan yang digunakan :
• Pasir pantai secukupnya
• Alkohol secukupnya
Cara meramu bahan :
Galilah pasir pantai, siapkan alcohol secukupnya.
Aturan penggunaan ramuan :
Tubuh yang terkena bisa ubur-ubur ditimbun dengan galian pasir lalu diangkat dan sirami dengan alcohol segeralah bawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

MENGATASI CACAR AIR
Bahan yang digunakan :
• Buah blinggo/ labu kecil sebesar ibu jari
• Bengklei sebesar ibu jari
• Manggar pinang 1 ikat
• Bawang merah 2 siung
• Jinten hitam 1 sendok
• Daun sirih bertemu ruas daunnya 3 lembar
• Daun serai 1 lembar
Cara meramu bahan :
Cuscilah semua bahan di atas hingga bersih, setelah dibersihkan lalu diparut/ ditumbuk hingga halus. Tuangkan ½ gelas air panas, lalu aduk. Peras ramuan tersebut hingga air perasannya akan bersih.
Aturan penggunaan ramuan :
Minum sehari 3 kali, 1 sendok makan.

MENGATASI BEKAS CACAR AIR
Bahan yang digunakan :
• Cumi-cumi secukupnya
• Face pawder (bedak) secukupnya
Cumi-cumi kita bersihkan sehingga kotorannya lenyap. Setelah itu jemur hingga benar-benar kering.
Kemudian tumbuklah cumi-cumi yang sudah kering sampai halus, saringlah (diayak) agar memperoleh hasil yang sempurna. Selanjutnya, campurlah dengan Face powder (bedak), aduklah hingga rata.
Aturan penggunaan ramuan :
Gunakan sebagai bedak untuk wajah atau anggota tubuh lainnya yang terkena bekas luka cacar setiap hati, pagi dan sore hari.

MENGATASI KEJANG OTOT KAKI
Bahan yang digunakan :
• Nasi segumpal
• Air panas
• Garam
Cara meramu bahan :
Nasi diremas-remas sampai setengah lumatan, bubuhi garam satu sendok makan, aduk sampai rata.
Aturan penggunaan bahan :
Tempelkan adonan itu pada bagian kaki yang sakit dan kejang.

MENGATASI JAMUR KULIT
Bahan yang digunakan :
• Lengkuas ½ Jari
• Garam secukupnya
Cara meramu bahan
Potonglah lengkuas menjadi potongan besar, kemudin getah lengkuas itu dipakai untuk menggosok tubuh kita.
Aturan penggunaan ramuan
Sebelum digosokkkan, lengkuas diberi garam, memang agak pedih, tetapi jamur kulit bisa diberantas dengan cepat.

MENGATASI POLIP
Bahan yang digunakan :
• Jeruk nipis 5 buah
• Cengkih 20 buah
• Daun sirih 10 helai
• Daun sengkih 6 helai
• Jahe 1 jari
• Daun sereh 1 helai
Cara meramu bahan :
Ambillah 5 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya kemudian campurlah dengan sepotong jahe yang telah diracik halus dan dikeringkan. Rebuslah air jeruk di atas api, masukkan jahe, kemudian cengkih, daun sirih dan daun sereh. Biarkan sampai mendidih, sampai air jeruk tinggal sedikit. Saringlah dan ambil sarinya. Kurang lebih dapat seperempat atau seperlima cangkir.
Aturan penggunaan ramuan
Minumlah air ramuan ini setiap pagi hari selama 1 bulan, niscaya polip akan lenyap. Tetapi yang perlu diingat, Meminum ramuan ini harus teratur setiap hari, tidak boleh baru beberapa hari sudah bosan dan menghentikannya, kemudian disambung lagi, hasilnya tentu tak akan memuaskan.

MABUK KENDARAAN
Bahan yang digunakan :
• Ubi jalar 1 buah
• Air hangat 1 gelas
Cara meramu bahan :
Ubi jalar dikupas, kemudian dicuci dengan menggunakan air hangat hingga bersih.
Aturan penggunaan ramuan
Makan ubi jalar mentah-mentah, setiap kali akan bepergian dengan kendaraan.

NAPAS BAU
Bahan yang digunakan :
• Daun bluntas 30 gram
• Pinang muda 5 gram
• Garam dapur secukupnya
Cara meramu bahan
Semua bahan direbus dengan air secukupnya.
Aturan penggunaan ramuan
Dimunum 3x sehari.

PANAS DALAM
Bahan yang digunakan :
• Akar alang-alang 1 genggam
• Gula aren secukupnya
Cara meramu bahan
Akar alang –alang dicuci, lalu direbus, masukkan gula aren dan aduk hingga rata.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari.

PANAS DINGIN
Bahan yang digunakan :
• Jahe 1 jari
• Gula aren secukupnya
• Bawang merah 1 siung
• Minyak kelapa secukupnya
• Air secukupnya
Cara meramu bahan :
Jahe dipotong, dibersihkan lalu direbus dengan air hingga mendidih, dibersihkan lalu direbus dengan air hingga mendidih. Masukkan gua aren, aduk sampai rata. Bawang merah dicuci lalu dikupas. Hasil kupasan bawang merah dicampur dengan minyak kelapa.
Aturan penggunaan ramuan
Ramuan jahe dan gula aren diminum hangat (sekali habis). Ramuan bawang merah dan minyak kelapa digosokkan di bagian punggung, leher, dada dan lengan. Lakukan sebelum tidur malam.

PANU
Bahan yang digunakan :
• Belerang secukupnya
• Minyak kelapa secukupnya
• Jeruk nipis 1 buah
Cara meramu bahan
Tumbuklah belerang sampai halus, lalu jeruk nipis diperas, kemudian campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata.
Aturan penggunaan ramuan
Oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

PEGAL-PEGAL
Bahan yang digunakan :
• Teh secukupnya
• Susu instan 1 sachet
• Air panas 1 gelas
Cara meramu bahan
Semua bahan diseduh dalam gelas, diaduk hingga merata.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum sekali habis.

PELANCAR PENCERNAAN MAKANAN
Bahan yang digunakan :
• Nanas 1 buah
• Daun sembung 1 genggam
• Serbuk buah pala 1 sendok the
• Cabe merah 3 buah
• Gula aren secukupnya
Cara meramu bahan
Kupas buah nanas, kemudian diparut, cuci daun sembung dan cabe merah hingga bersih, kemudian haluskan. Campurkan gula, rebuslah dalam 6 gelas air, biarkan hingga air tinggal 3 gelas, setelah itu ditiriskan hingga dingin.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 1 gelas per hari.

PENENANG
Bahan yang digunakan
• Akar batang, dau kangkung 1 ikat
• Garam dapur secukupnya
Cara meramu bahan
Akar, batang dan daun kangkung di cuci hingga bersih, kemudian di tumbuk hingga halus. Setelah itu diperas diambil airnya, dan bubuhi garam dapur secukupnya.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum pada saat anda letih dan butuh istirahat.

PINGSAN
Bahan yang digunakan :
• Daun jeruk purut 10 lembar
• Air 1 liter
Cara meramu bahan
Daun jeruk purut ditumbuk hingga halus, lalu direbus dengan menggunakan air 1 liter biarkan hingga mendidih.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum ½ gelas setiap hari. Daunnya digosokkan pada bagian hidung.

PROSTAT
Bahan yang digunakan :
• Daun sambiloto 25 helai
• Daun kumis kucing 25 helai
• Air 2 gelas
Cara meramu bahan
Cuci bersih kedua bahan tersebut lalu rebus dengan 2 gelas air hingga airnya ½ bagian. Setelah itu disaring.
Aturan penggunaan ramuan
Minum ramuan ini sekali 1 x sehari.

RADANG PARU-PARU
Bahan yang digunakan
• Belimbing manis 5 buah
• Madu murni 2 sendok teh
Cara meramu bahan
Belimbing manis dicuci lalu diparut untuk diambil sarinya, kemudian lakukan perasan. Hasil perasan di campur dengan madu dan aduk hingga rata.
Aturan 2 X sehari sebanyak 2 sendok makan.

RADANG USUS BUNTU
Bahan yang digunakan :
• Kunir 1 jari
• Jeruk nipis 1 buah
• Gula merah secukupnya
• Garam dapur secukupnya
Cara meramu bahan
Kunir diparut lalu diperas, kemudian campurkan hasil perasan kunir dengan perasan jeruk nipis, gula merah dan garam dapur, lalu aduk hingga rata.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3x sehari lakukan terus menerus hinnga sembuh.

RADANG GINJAL
Bahan yang digunakan
• Daun kumis kucing 40 lembar
• Daun belimbing wuluh 10 lembar
Cara meramu bahan
Semua bahan ditumbuk sampai halus.
Aturan penggunaan ramuan
Diseduh dengan air panas, diminum 3x sehari.

RHEUMATIK
Bahan yang digunakan
• Bawang putih 2 siung
• Jahe 2 jari
• Tepung terigu 1 gelas
Cara meramu bahan
Bawang merah dan jahe ditumbuk halus, tambahkan tepung terigu dan air masak secukupnya.
Aturan penggunaan ramuan
Digunakan untuk menggosok atau mengurut bagian yang sakit.

SALESMA
Bahan yang digunakan :
• Lempuyang 25 gram
• Cabe 25 gram
• Jahe 10 gram
• Kunyit 5 gram
• Laos 5 gram
• Gula aren secukupnya
Cara mermu bahan
Semua bahan ditumbuk jadi satu, lalu direbus dengan air ½ liter biarkan sampai ¼ liter.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 3 x dalam sehari.

SAKIT TENGGOROKAN
Bahan yang digunakan
• Jeruk nipis 2 buah
• Gula aren secukupnya
Cara meramu bahan
Perasan air jeruk nipis dan gula aren diseduh dengan air panas hingga 1 gelas.
Aturan penggunaan ramuan
Diminum 2 x sehari.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: